Tugas IMK 2 Fasilkom Unsika-HEURISTIK USABILITY
Apa itu Heuristik Usability??
Heuristik Usability merupakan panduan, prinsip, atau langkah-langkah, untuk merekayasa bentuk User Interface. Prinsip ini dikemukakan oleh Jacob Nielsen pada 1995. sedangkan Heuristik evaluation merupakan penilaian mengenai suatu situs ataupun aplikasi yang terkait dengan masalah usability.
Gambar 1.0 (10 prinsip Heuristik usability)
Jacob Nielsen juga mengemukakan skala penilaian tentang masalah usability dari heuristik evoluation yaitu :
- 0 = Tidak setuju, tidak menjadi masalah
- 1 = Tidak perlu diperbaiki, kecuali tersedia waktu tambahan untuk project
- 2 = Permasalahan cukup serius, prioritas rendah
- 3 = Permasalahan serius, prioritas tinggi
- 4 = Penting untuk melakukukan perbaikan sebelum product direlease
Berikut saya akan memberi contoh 10 prinsip Heuristik Evaluation pada Website Otomax (https://otomax.store/)
- Visibility of system status
Gambar 1.1 ( contoh Visibility of system status)
Masalah Usability :
Visibility menu yang kurang jelas karena mempunyai warna yang hampir sama walaupun sudah memilih salah satunya.
Saran :
Alangkah lebih baiknya jika pemilihan warna setelah user memilih lebih tegas lagi agar lebih terlihat.
Skala Penilaian :
2 = Permasalahan cukup serius, prioritas rendah
- Match between system and the real world
Gambar 1.2 ( Tidak adanya pembaharuan data)
Masalah Usability :
Tidak adanya pembaharuan data
Saran :
Diperlukan pembaharuan data promo secara berkala
Skala Penilaian :
4 = Penting untuk melakukukan perbaikan sebelum product direlease
- User control and freedom
User control and freedom merupakan prinsip yang membuat user dapat bertindak sesuai keinginan user.
Masalah Usability :
Tidak terlihat tanda pembatalan pesanan karena tanda batal biasanya dilambangkan silang namun disini hanya menggunakan lambang kotak kosong disamping jenis barang yang sudah di keranjangkan.
Saran :
Alangkah lebih baiknya perbaiki lambang pembatalan menjadi tanda silang atau tulisan "batal"
Skala Penilaian :
4 = Penting untuk melakukukan perbaikan sebelum product direlease
- Consistency and Standard
Consistency and standard merupakan prinsip yang mengantisipasi sebuah keraguan user dalam memilih atau menggunakan suatu fungsi, perintah dan pilihan.
Gambar 1.4 (Consistency and Standard)
Masalah Usability :
Tidak konsistennya pilihan pelacakan barang
Solusi :
Lebih baik pilih salah satu untuk pelacakan barang
Skala Penilaian :
1 = Tidak perlu diperbaiki, kecuali tersedia waktu tambahan untuk project- Error Prevention
Error Prevention merupakan prinsip yang akan mengantisipasi sebuah kesalahan secara berlebihan sejak pertama kali pembuat system.
Gambar 1.5 ( Error Prevention)
Masalah Usability :
Tidak Ada
Skala Penilaian :
0 = Tidak setuju, tidak menjadi masalah
- Recognition Rather Than Recall
Recognition rather than recall merupakan bantuan untuk membantu user mengingat macam-macam jenis dan kategori secara lebih mudah.
Gambar 1.6 ( Recognition rather than recall)
Masalah Usability :
Tidak Ada
Skala Penilaian :
0 = Tidak setuju, tidak menjadi masalah
- Aesthetic and Minimalist Design
Aesthetic and minimalist design merupakan sebuah tampilan website atau aplikasi yang indah dan sederhana namun mempunyai nilai yang mahal.
Gambar 1.7
Masalah Usibility :
Warna kuning yang telalu mencolok
Solusi :
Mengganti Warna tampilan menjadi warna yang lebih soft
Skala Penilaian :
1 = Tidak perlu diperbaiki, kecuali tersedia waktu tambahan untuk project
- Help and Documentation
Help and documentation merupakan prinsip terakhir yang dikemukakan oleh Jacob Nielsen, prinsip ini system dapat membantu user dengan memberikan layanan bantuan dan dokumentasi yang dapat memudahkan user dalam menggunakan aplikasi ataupun website.
Gambar 1.8 (Tidak terdapat menu bantuan pada web toko online ini)
Masalah Usability :
Tidak terdapat menu bantuan pada web toko online ini
Saran :
Alangkah lebih baik jika menambah menu bantuan
Skala Penilaian :
2 = Permasalahan cukup serius, prioritas rendah
Terima Kasih
Comments
Post a Comment